Jumat, 24 Juni 2011

RANGKUMAN PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA

Pasar dengan banyak penjual dan pembeli sehingga harga dapat ditentukan sendiri, baik oleh penjual maupun pembeli.

Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna :
1. Pasar monopoli
2. Pasar monopolistik
3. Pasar monopsoni
4. Pasar oligopoli
5. Pasar oligopsoni

1. Pasar Monopoli

a. Pengertian

Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa menguasai pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan yang melebihi normal.

b. Macam-macam pasar monopoli

 Alamiah         : Muncul karena keadaan alam yang khas.
 Undang-Undang     : Muncul karena pemberlakuan kebijakan / Undang-Undang.
Terdiri dari :
Monopoli negara
Hak cipta
Hak paten
Hak merk
Masyarakat : Muncul karena kepercayaan masyarakat.
Penguasaan teknologi dan tenaga ahli : Muncul karena menguasai teknologi dan tenaga ahli. Kemampuan efisiensi : Muncul karena mampu menghemat / biaya produksi.
Penguasaan bahan baku : Muncul karena menguasai bahan baku.
c. Ciri-ciri pasar monopoli

Terdapat satu penjual
Harga ditentukan penjual (monopoli)
Perusahaan lain sulit memasuki pasar
Konsumen tidak bisa pindah walau rugi
Bisa menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat

d. Kebaikan dan keburukan pasar monopoli
Kebaikan :
Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
Dapat meningkatkan daya saing bilamonopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten

Keburukan :
Perusahaan lain sulit memasuki pasar
Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
Jumlah produk tergantung monopolis
Monopolis umumnya bertindak boros
Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen

e. Usaha pemerintah mengatasi keburukan
Membuat Undang-Undang/peraturan yang mencegah timbulnya monopoli
Menarik pajak tinggi kepada monopolis
Mengizinkan impor barang yang sama dengan barang monopolis
Ikut menentukan tinggi rendahnya barang
Membuat perusahaan sejenis

2. Pasar Monopolistik

a. Pengertian

Pasar monopolistik adalah suatu bentuk pasar yang terdapat banyak perusahaan yang menjual hampir serupa tetapi tidak sama. Pasar ini sering kita jumpai buktinya dengan kita mengunjungi swalayan atau supermarket. Disana kita akan menjumpai berbagai bentuk, jenis dan merek yang hampir serupa tetapi tidak sama.

b. Ciri-ciri pasar monopolistik
Jumlah penjual banyak tapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna
Barang yang dijual berbeda corak
Penjual/produsen harus aktif beriklan
Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
Mempunyai kekuasaan mempengaruhi harga

c. Kebaikan dan keburukan pasar monopolistik
Kebaikan :
Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
Memberi kepuasan lebih pada pembeli karena ada persaingan penjual
Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar

Keburukan :
Masih terdapat kemungkinan terjadi pemborosan biaya produksi bila dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna
Bagi perusahaan yang kecil, tingkat efisiensinya relatif rendah
Kurang efisiennya perusahaan kecil menyebabkan harga barang yang dibayar konsumen masih kecil

3. Pasar Monopsoni

a. Pengertian

Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai satu pembeli, apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai pembeli tunggal. Contoh : pabrik susu Nestle.

b. Ciri-ciri pasar monopsoni
Hanya ada satu pembeli
Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
Barang yang dijual merupakan bahan mentah
Harga sangat ditentukan pembeli

c. Kebaikan dan keburukan pasar monopsoni
Kebaikan :
Kualitas produk lebih terpelihara
Penjual akan hemat dalam biaya produksi
Keburukan :
Pembeli bisa seenaknya menekan penjual
 Produk yang tidak sesuai keinginan pembeli tidak akan dibeli dan bisa terbuang

4. Pasar Oligopoli

a. Pengertian

Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar (price leader).

b. Ciri-ciri pasar oligopoli
Terdapat beberapa penjual
Barang yang dijual homogen atau beda corak
Sulit dimasuki perusahaan baru
Membutuhkan peran iklan
Terdapat satu market leader (pemimpin pasar)
Harga jual tidak mudah berubah

c. Macam-macam pasar oligopoli

Oligopoli murni :
 menjual barang yang homogen.
Contoh : pasar semen
Oligopoli diferensial :
 menjual barang yang berbeda corak.
Contoh : pasar mobil, pasar sepeda motor
      d. Kebaikan dan keburukan pasar oligopoli
Kebaikan :
Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual
Adanya penerapan teknologi baru

Keburukan :
Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
Bisa berkembang ke arah monopoli

e. Usaha pemerintah mengatasi keburukan
1. Mengeluarkan Undang-Undang anti trust
2.Memberi kemudahan bagi perusahaan baru untuk masuk pasar

5. Pasar Oligopsoni

a. Pengertian
Pasar oligopsoni adalah kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli, masing-masing pembeli memiliki peranan cukup besar untuk mempengaruhi harga. Atau dikatakan pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli.

b. Ciri-ciri pasar oligopsoni
Terdapat beberapa pembeli
Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
Barang yang dijual merupakan bahan mentah
Harga cenderung stabil

c. Kebaikan dan keburukan pasar oligopsoni
Kebaikan :
Penjual lebih beruntung karena bisa pindah ke pembeli lain
Pembeli tidak bisa seenaknya menekan penjual

Keburukan :
Bisa berkembang menjadi pasar monopsoni bila antar pembeli bekerja sama
Kualitas barang kurang terpelihara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar